Blows as the wind Blooms as the flowers

Who can say where the day flows where the day goes only time..!!

Tuesday, December 07, 2004

Be patient

Sabar merupakan akhlak yang paling agung dari akhlak orang-orang yang beriman. Sabar meninggikan kedudukan para sholihin. Sabar merupakan penguat tonggak Islam, pilar yang kukuh dari keimanan. Menurut Al-Quran merupakan kunci segala kebaikan dan pintu bagi kebahagian di dunia dan akhirat.

"Katakanlah siapa gigih menempuh keberhasilan kadangkala tergelincir lalu bangkit kembali.
Kadang ia tersesat lalu berhasil mencapai sasaran
Kadang ia tergores luka lalu pulih kembali
Sekali dua ia gagal tetapi tidak meletakkan senjata
Tidak terputus asa atau kehilangan cahaya harapan ."

"Janganlah berputus asa meski lama kan tercapai.
Bila ditopang kesabaran kan terlihat jalan keluar.
Siapa sabar kan berhasil mencapai tujuannya.
Orang yang mengetuk pintu-pintu akan memperoleh perlindungan."

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”.( Al-Baqarah : 153)

“Urusan seorang mukmin patut dikagumi. Semua urusannya merupakan kebaikan bagi dirinya dan tidak terdapat kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila memperoleh kesenangan dia bersyukur dan itu baik untuk dirinya. Dan bila ditimpa kesusahan dia bersabar dan itu baik untuk dirinya”. (hadist riwayat Iman Muslim)

“ Dan jika kamu memberikan balasan maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang dilimpahkan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar, Bersabarlah (hai Muhammad)dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah. Dan janganlah kamu bersedih hati terhadap kekafiran mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan”. (An-Nahl : 126-127)

“ Dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan penderitaan dan dalam penerangan mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”. (Al-Baqarah : 177)

“Mereka itulah orang-orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengn penghormatan dan ucapan salam di dalamnya”. (Al-Furqon:75)

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”.(Az-Zumar:10)

“Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan”( Ath Thalaag :7)


Source : Al-Qur'an dan Unknown book(lupa judul ama pengarangnya)


(Be patient, always)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home