Blows as the wind Blooms as the flowers

Who can say where the day flows where the day goes only time..!!

Saturday, November 20, 2004

maaf lair bathin.....

Allahuakbar......Allahuakbar.....Allahuakbar........
gema takbir dan tahmid berkumandang di sgala penjuru persada, menandakan datangnya hari kemenangan stelah sebulan bergelut melawan dan menantang hawa nafsu dan sgala yang buruk.Malam itu serasa damai, gema takbir dan tahmid menyejukkan hati yg lara. Dan Mok Nie pun berkemas mo mudik kerumahnya yg hanya beberapa langkah dari rumahku menyusul kepulangan si Epi yg mudik lebih awal. Yah, jadi sepi dech rumah berkurang 2 anggota kluarganya. Mbok Nie, Epi cepet balik yach.......!!!!!!!! Kuambil firecrackers yg kubeli sama ibu sore harinya, dan kupanggil beberapa anak2 untuk ngadain pesta kecil kembang api. Tak berapa lama warna warni dan letusan2 kecil kembang api ato air mancur ato apalah namanya menghias malam yg kelam. Bebebrapa anakpun tertawa2 kecil dan senyumanpun menghias wajah beberapa orang yg meliat itu. Duch senengnya melihat wajah2 yg bahagia menyambut hari kemenangan.
Gema takbir dan tahmid masih bersahutan, ketika kubuka mataku. Kulangkahkan kakiku kuliat ibu udah sibuk dengan urusan dapurnya. Duch, maap ibu keduluan ibu bangunnya.
Persiapan sholat Id di masjid desa pun dimulai. Ketika rombongan kecilku sampek dimasjid, banyak orang sudah menunggu dilaksanakannya sholat Id. tak berapa lama, sholatpun dimulai disambung dengan ceramah singkat tentang makna Idul Fitri oleh pak Ustad. Mumpung ketemu banyak tetangga di masjid tak ketinggalan acara halal bihalalpun berlangsung singkat ditempat. "Minal Aidin wal Faidzin, maaf lahir bathin","sugeng riyadin" terus terdengar sampek selesai salamanya.
Nah, ini neh yg bikin terharu.....Nyampek rumah selalu ada acara sungkeman. Dimulai ibu yg sungkem ke bapak sambil nangis-nangis. aduch ibuk kok pake acara nangis segala sech jadi ikutan netes airmata...tanpa disuruh-suruh udah dleweran eluhku..ihiks..ihiks. Inget sgala khilaf aku juga. "Maafin sgala salah Ria ya pak", " ibu maaf yang banyak atas sgala khilafku" tak banyak kata kluar dari mulutku tertahan oleh rasa haruku. Dan Wikopun sungkem ke aku emang sbagai yg paling bontot harus sungkem ke kaka' tercinta " maafin smua salah ya, maaf juga mungkin blom bisa jd kaka' yg baik buat kamu". Selesai acara sungkeman, siap-siap aksi kelayapan. Dimulai silahturahmi ke tetangga2 dekat sampek agak jauh sama adik tercinta. Trus bareng2 sama kluarga ke simbah dan beberapa kerabat. Seharian praktis on the way. Malemnya collapse. Piuh kecapekan. But that's ok rewardnya lebih gede dari sebuah kata capek.
On monday, duch kedatangan tamu istimewa neh. Mbak Anikkkk...........welcome di gubukku tercinta yah..!!! Tuh kan akhirnya nyampek juga dirumahku. Berani juga kan bepergian jauh sendirian, gitu dunk!!! Aduch tapi maap...beribu-ribu kata maap ya Mbak. Dirumah ga diajakin kemana-mana cuman muter2 kota ama ke rumah simbah dan ke beberpa sodara trus disuruh kerja rodi lagi suruh mbantuin masak aku, maap..maap. Duch jangan kapok main ke rumah ya mbak......!!!!
On the next days.....just the same story, peleburan atas sgala khilaf dengan saling memaafkan satu sama yg lain. Dengan niat yg suci dan tulus mengantar kita tuk mencapai kesempurnaan. Tiada kata seindah doa dan tiada kata seindah maaf.
"MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR BATHIN"

(Lebaranku ceritaku segala rasa)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home